Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Hidup Sehat

Friday, 12 March 2021

Musim hujan tiba dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun, berpotensi mudahnya terserang penyakit. 


Pada saat cuaca dingin, virus akan lebih mudah menyebar dan menyerang sehingga mudahnya terserang penyakit.  Oleh sebab itu, kebanyakan orang langsung sakit setelah kehujanan karena tubuh secara tiba-tiba menerima suhu dingin sehingga kekebalan tubuh menurun. Cara ampuh yang harus dilakukan menjelang dan saat musim hujan yaitu:


1. Rutin minum vitamin C

Vitamin c bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dengan mudahnya merangsang produksi sel darah putih. Tujuannya adalah untuk melindungi tubuh dari risiko infeksi, virus atau penyakit. Selain itu, kandungan antioksidannya dapat membantu meningkatkan stamina secara keseluruhan sehingga terhindar dari kelelahan sampai stres. Cukupi kebutuhan vitamin C dengan perbanyak konsumsi aneka ragam sayur dan buah serta multivitamin jika diperlukan. 


2. Jangan jajan sembarangan (gorengan)

Jajanan pinggir jalan merupakan salah satu penyebab utama mudahnya terserang penyakit seperti diare, tipes, demam, radang tenggorokan (batuk) saat musim hujan. Sebaiknya untuk sementara jangan dulu jajan sembarangan di pinggir jalan. Sebab, tidak ada yang menjamin kebersihan makanan tersebut, apalagi dalam keadaan lingkungan yang lembab, becek atau tergenang air kotot saat musim hujan. Disarankan untuk membawa atau buat bekal sendiri untuk menjamin kebersihan serta gizi yang didapatkan dari makanan.


3. Mandi setelah terkena air hujan

Agar tubuh tetap sehat saat musim hujan, sebaiknya segera mandi setelah basah kuyup hujan-hujanan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena air hujan mengandung partikel polusi dan bakteri yang terbawa oleh angin serta terhidurp. Tidak hanya itu saja, cipratan dari genangan air kotor di musim hujan juga bisa memengaruhi kesehatan fisik karena mengandung bakteri atau virus. 

Bersihkan badan secara menyeluruh agar bakteri atau virus dari air hujan tidak menempel saat di dalam rumah. Selain itu, setelah mandi juga bisa konsumsi teh atau air hangat untuk mengembalikan suhu tubuh dari dingin ke normal. 


4. Jaga pola makan sehat

Daripada jajan di luar, lebih baik mencoba makanan sehat dan teratur selama musim hujan. Hal ini akan membantu tubuh dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak menurun. Variasikan makanan harian mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak baik. 


5. Kontrol tingkat stres

Dalam keadaan musim hujan, tubuh akan mengalami tingkat stres yang lebih cepat. Kondisi ini terjadi karena secara tidak langsung, otak dan tubuh mereaksi dalam memikirkan keadaan jalanan yang macet, kebanjiran, dan jemuran yang susah kering. Agar stress tidak memengaruhi kesehatan fisik, maka disarankan untuk seimbangkan dengan mendengarkan musik, berlatih yoga atau meditasi, dan cukup tidur. 


Saat musim hujan tidak mengalami sakit dan sistem kekebalan tubuh tetap optimal tentu saja bisa terjadi. Asalkan, terapkan pola makan sehat, rutin olahraga, serta jaga kebersihan tubuh dan lingkungan. (litaarny)



Share
Copy Link