Terapkan Tidur Berkualitas

Hidup Sehat

Thursday, 29 April 2021

Tidur penting bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang. Maksud dari tidur berkualitas yaitu tidur nyenyak dengan waktu yang cukup. 


Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya daya pikir, konsentrasi dan kemampuan bekerja. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, maka akan memicu timbulnya penyakit lainnya seperti serangan jantung, diabetes, obesitas, dan kanker.


Ternyata, saat tertidur pula situ belum tentu kualitas tidurnya terpenuhi. 

Tidur tidak hanya sekadar istirahat di malam hari, melainkan harus memenuhi syarat dan ketentuan agar kualitas tidur menjadi terjamin. Ada 3 poin penting dalam menerapkan tidur berkualitas yaitu durasi, kontinuitas, dan kedalaman. 

  • Durasi normalnya orang dewasa tidur rata-rata 6,5 jam per hari. 
  • Kontinuitas dapat dilihat dari waktu tidur yang terus berlanjut hingga bangun keesokan harinya. Bila mengalami gangguan tidur di tengah malam, itu menandakan bahwa tidur tidak berkualitas. 
  • Kedalaman tidur atau tingkat kenyenyakan juga dapat menandakan bahwa tubuh mengalami waktu tidur yang berkualitas. 


Disarankan yang suka memiliki kebiasaan begadang untuk dikurangi atau dihindari sebab tidur berkualitas sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Poin terpenting dalam memperbaiki pola tidur, bukan berdasarkan lamanya waktu tidur melainkan dari kualitas dan efektifitas tidur semalaman. Berikut, cara agar tidur menjadi lebih berkualitas untuk meningkatkan kesehatan tubuh: 

  1. Atur waktu tidur saat tidur dan bangun dengan konsisten agar kualitas tidur tetap terjamin. Tubuh harus dibiasakan untuk bangun dan tidur di waktu yang sama. Tujuannya untuk memberitahu otak bahwa ada waktu tertentu yang digunakan untuk memulihkan kebugaran tubuh.
  2. Perhatikan makanan dan minuman sebelum tidur akan membuat kualitas tidur menjadi lebih berkualitas. Disarankan untuk makan 4 jam sebelum tidur dengan tujuan agar kondisi perut menjadi tenang sehingga tidak mengganggu kualitas tidur. 
  3. Minum Segelas Air Mineral sebelum tidur dapat menyeimbangkan organ dalam tubuh saat di pagi hari agar tetap berfungsi dengan normal. 
  4. Jauhkan gadget, karena dapat mengganggu sel otak, sulit tidur, dan mengurangi konsentrasi. Lakukan kebiasaan sebelum tidur ini secara rutin agar dapat memaksimalkan kualitas tidur di malam hari. 
  5. Posisi Tidur terlentang akan membuat otak mudah mendapatkan oksigen sehingga memengaruhi kualitas tidur menjadi terlelap. 
  6. Lakukan olahraga teratur setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur atau di pagi hari. Tujuannya untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh tetap terjaga dan tidak mengantuk. 
  7. Kondisi kamar yang gelap atau senyaman mungkin akan memengaruhi otak untuk beristirahat sehingga produksi melatonin meningkat dan dapat tidur terlelap. (litaarny)

Share
Copy Link