Teh Herbal Chrysanthemum

Rempah

Thursday, 11 June 2020

Chrysanthemum (bunga krisan) merupakan tanaman yang berasal dari daratan China dan di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan seruni atau bunga emas.


Chrysanthemum dipercaya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi rutin. Bunga yang berukuran kecil dan berwarna kuning atau putih ini mengandung sejumlah nutrisi seperti ascorbic acid, betakaroten, zat besi, serat, kalsium, potassium, dan magnesium. Manfaat utama dari chrysanthemum biasa dijadikan sebagai antiinflamasi yang sangat. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh, diantaranya: 


Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Adanya kandungan vitamin (A, C)  sangat baik dalam menangkal penyakit sehingga tidak mudah terserang penyakit ringan hingga berat seperti demam, sinusitis, pilek dan batuk. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat akan mempengaruhi kualitas tubuh  menjadi bugar dan sehat.


Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan stimulan pada chrysanthemum berperan untuk meningkatkan fungsi kerja otak sehingga dapat merangsang panca indera lainnya agar lebih fokus.


Detoksifikasi Racun

Adanya racun di dalam tubuh terjadi karena paparan radikal bebas (polusi, sinar matahari) dari lingkungan sekitar. Jika racun di dalam tubuh tidak dikeluarkan, maka akan mengalami penurunan fungsi kerja normal pada setiap organ (hati). Oleh karena itu, rutin konsumsi chrysanthemum bermanfaat untuk membantu tubuh menjadi bugar dan sehat.


Melancarkan Peredaran Darah

Aliran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan tubuh mengalami varises. Saat peredaran darah lancar, maka oksigen dengan mudahnya dapat dialirkan ke seluruh organ dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya penyebaran tidak merata. Kandungan zat besi pada chrysanthemum dapat membuat aliran darah menjadi lancar dan berpengaruh pada kesehatan kulit.


Merilekskan Saraf

Aktivitas yang padat membuat seluruh saraf menjadi tegang dan berakibat sulit tidur (insomnia), kecemasan meningkat, stres, dan depresi. Oleh sebab itu, tenangkan saraf dengan konsumsi chrysanthemum agar tekanan darah tidak naik serta dapat mengurangi peradangan.


Merawat Kesehatan Kulit

Kandungan betakaroten dan antioksidan dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak sehingga efektif mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Tidak hanya itu, kandungan vitamin (C, B) berpengaruh pada kulit akan terhindar dari paparan secara langsung dari radikal bebas (polusi, sinar matahari). Proses penyembuhan luka (eksim, jerawat) pada kulit juga menjadi lebih cepat terjadi jika rutin konsumsi chrysanthemum.


Meringankan Gangguan Pernapasan

Pernapasan yang baik sangat diperlukan manusia dalam proses pertukaran udara. Jika saluran pernapasan mengalami gangguan maka akan menimbulkan penyakit lainnya seperti flu, asma, brokintis, dan kanker paru-paru. 


Cara mengonsumsinya dengan seduh 1-2 sendok makan chrysanthemum ke dalam cangkir dan diamkan selama 2-3 menit. Jika suka, bisa tambahkan madu atau pemanis alami lainnya secara tidak berlebihan (sesuai selera). Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah chrysanthemum sesuai dengan kebutuhan. (juanleonardoliaw/litaarny)


Share
Copy Link