“Superfood” Goji Berry

Rempah

Saturday, 23 November 2019

Buah yang berasal dari negeri Tiongkok ini dikenal dengan sebutan “superfood” karena memiliki manfaat lebih bagi kesehatan tubuh. 

 

Buah berwarna merah dengan rasa manis ini sudah dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah kering goji berry mengandung lemak dan serat 10%, karbohidrat 68%, dan protein 12%. Kandungan penting pada goji berry seperti:

  • Polisakarida (serat makanan) dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dari paparan radikal bebas (polusi, sinar matahari)
  • Beta karoten penting untuk kesehatan mata, kulit, dan perkembangan sel dalam tubuh
  • Zeaxanthin merupakan kandungan penting pada goji berry karena dapat mencegah degenerasi makula, gangguan penglihatan khususnya di bagian retina.

Tidak hanya itu, goji berry memiliki 500 kali lebih tinggi vitamin C dibandingkan buah jeruk dan adanya kandungan 21 mineral termasuk germanium (mineral antikanker) yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat goji berry untuk kesehatan tubuh:

 

1.     Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Goji berry mampu meningkatkan limfosit (sel darah putih) untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus sehingga tidak mudahnya terserang penyakit ringan hingga berat. Menurut penelitian, konsumsi jus goji berry selama 30 hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki kualitas tidur dan meningkatkan daya ingat.

2.     Mengontrol gula darah

Kandungan antioksidan pada goji berry dapat menurunkan kadar gula darah, meningkatkan toleransi gula, mengurangi resistensi insulin, dan memperbaiki sel dalam memproduksi insulin.

3.     Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan, vitamin C, asam amino, dan mineral yang tinggi mampu memberikan nutrisi untuk kulit dalam melawan radikal bebas. Rutin konsumsi goji berry dapat menjaga kelembapan kulit, meningkatkan elastisitas kulit (collagen), mencerahkan, mengurangi iritasi kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan (keriput, flek hitam).

4.     Mencegah pertumbuhan sel kanker

Antioksidan, betakaroten, dan vitamin C bermanfaat dalam memperlambat pertumbuhan tumor, mencegah terkena paparan radikal bebas, mengurangi peradangan, dan meningkatkan efektivitas perawatan kanker.

5.     Mengurangi stres

Goji berry dapat meningkatkan energi dan kesehatan pencernaan sehingga dapat mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, rutin konsumsi goji berry dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga terhindar dari gejala-gejala cemas berlebihan hingga depresi.  

6.     Memelihara kesehatan mata

Kandungan antioksidan terutama zeaxanthin dapat melindungi mata dari sinar UV, radikal bebas, dan stres oksidatif. Goji berry dapat melindungi retina dari sel ganglion retina yang mengakibatkan glaukoma (tidak bisa melihat).

7.     Mengontrol berat badan

Goji berry dapat mengontrol berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Kandungan gula pada goji berry akan membuat tubuh terasa lebih kenyang sehingga nafsu makan dapat terkendali.

8.     Mencegah kerusakan hati

Goji berry dapat membantu mengelola kesehatan hati dan menghambat pertumbuhan tumor sehingga mencegah  timbulnya sel kanker hati.

 

Cara tepat mengonsumsi goji berry bisa secara langsung, diseduh, atau dicampur (dimasak) dengan bahan alami lainnya. Dosis yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan konsumsi goji berry sekitar 150 gram buah segar atau 10-30 gram buah kering. Goji berry memang memiliki kandungan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, perlu diingatkan bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah goji berry sesuai dengan kebutuhan.




Note :

# herbaleo # juan leonardo liaw # juan leonardo liaw herbaleo




Share
Copy Link