Rahasia Kurma Merah

Rempah

Thursday, 13 February 2020

Kurma merah atau dikenal dengan jujube atau chinese red dates masuk dalam jenis buah-buahan yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun, ternyata kurma merah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Awalnya kurma merah berasal dari kawasan Asia bagian Selatan (Iran, Pakistan, India, dan Nepal). Namun, buah ini menjadi terkenal akan manfaatnya bagi tubuh atau dijadikan sebagai obat herbal setelah menyebar ke China hingga Korea.

 

Kurma merah mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh diantaranya serat, protein, betakaroten, kalsium, kalium, zat besi, dan vitamin (C, B1, B2). Kandungan vitamin C pada kurma merah bisa memenuhi 77% kebutuhan harian dalam tubuh. Konsumsi kurma merah baik secara langsung, diseduh atau dicampur dengan bahan alami lainnya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, diantaranya:


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mudah terkena infeksi penyakit dikarenakan tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kandungan vitamin C yang tinggi mampu merangsang produksi sel darah putih sehingga kekebalan tubuh menjadi meningkat. Selain itu, kandungan antioksidan pada kurma merah mampu menetralkan radikal bebas sehingga terhindar dari penyakit kronis dalam tubuh.


2. Menurunkan kadar kolesterol

Tingginya kadar kolesterol jika dibiarkan akan memicu timbulnya penyakit lain dalam tubuh seperti stroke dan jantung. Vitamin C yang terkandung di kurma merah sangat baik untuk menurunkan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh dan mencegah terjadinya batu empedu.


3. Meningkatkan kualitas tidur

Kemampuan kurma merah dalam meningkatkan kualitas tidur berasal dari kandungan vitamin C, antioksidan, dan senyawa organik. Selain membuat tidur lebih nyenyak, kandungan anxiolytic, flavonoids, dan saponins berfungsi merilekskan saraf tegang sehingga dapat menurunkan kadar stres atau cemas berlebihan dalam tubuh.


4. Mencegah kanker

Bersifat antikanker sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Kandungan serat (lignin) dapat meningkatkan produksi sel imun untuk mengatasi sel jahat penyebab kanker. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi juga dapat membantu menurunkan aktivitas radikal bebas serta mencegah penyebaran sel kanker payudara, usus, tiroid, dan ovarium.


5. Meningkatkan kinerja otak

Kandungan antioksidan dapat memperlambat kerusakan otak dan mempercepat pembentukan sel otak baru. Tidak hanya itu, rutin konsumsi kurma merah dapat mencegah terjadinya penyakit demensia dan Alzheimer pada usia lanjut.


6. Melancarkan pencernaan

Kandungan tinggi serat, saponin, tritepenoid berperan dalam mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan membantu pergerakan makanan melalui usus. Permasalahan sembelit, kram, perut kembung serta kondisi pencernaan yang parah dapat diatasi dengan mengonsumsi kurma merah.


7. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan pada kurma merah sangat baik dalam mencegah terjadinya kerusakan sel kulir akibat paparan radikal bebas, sinar matahari atau polusi. Rutin konsumsi kurma merah dapat meningkatkan kelembaban kulit, mencegah peradangan atau iritasi (jerawat, eksim, bekas luka), dan mengurangi tanda penuaan kulit.


8. Mengontrol berat badan berlebih

Kurma merah cocok sekali untuk menjalankan program diet karena mengandung rendah kalori, tinggi serat dan protein yang dapat memenuhi nutrisi harian tubuh. Mengonsumsi kurma merah akan selalu membuat merasa cepat kenyang dan dapat mencegah untuk ngemil sembarangan saat menjalankan program diet.


9. Melancarkan sirkulasi darah

Kurma merah mengandung mineral fosfor dan zat besi yang baik untuk menjaga produksi darah agar tetap lancar. Lancarnya aliran darah memiliki pengaruh baik untuk menghantarkan oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh organ tubuh agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal.


10. Memperkuat tulang

Usia yang semakin bertambah akan sangat mempengaruhi kesehatan tulang dan cenderung menderita osteoporosis dan kondisi tulang lainnya menjadi merosot. Konsumsi kurma merah secara rutin dapat mencegah dan meminimalisir berbagai penyakit tulang. Kandungan fosfor, zat besi, dan kalsium pada kurma merah dapat meningkatkan kekuatan tulang seiring bertambahnya usia.


Disarankan untuk tidak lebih mengonsumsi kurma merah sebanyak 3 buah per hari. Kurma merah banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah kurma merah sesuai dengan kebutuhan. (juanleonardoliaw/litaarny)


Share
Copy Link