Makanan yang Kurang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Hidup Sehat

Tuesday, 29 September 2020

Makanan yang dikonsumsikan sehari-hari, umumnya diasumsikan sebagai makanan sehat dan baik tanpa ada batasannya. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi setiap hari. 


Segala jenis makanan lezat tentu akan terasa nikmat saat dikonsumsi setiap harinya. Namun, tidak selamanya makanan lezat di lidah memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi setiap hari. Ada beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi setiap hari dan secara berlebihan:

  1. Ikan tuna tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap hari sebanyak lebih dari 150 gram per bulan. Selain itu, ikan tuna putih kalengan juga tidak dianjurkan konsumsi lebih dari 300 gram dalam seminggu. Bagi ibu hamil tidak boleh mengonsumsi ikan tuna, karena bisa membahayakan saraf bayi dan janin. Bagi anak usia kurang dari 7 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi ikan tuna lebih dari 50 gram per minggu. Anak berusia lebih dari 8 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi ikan tuna lebih dari 75 gram per minggu.
  2. Daging bakar yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya senyawa karsinogenik yang memicu kanker dalam tubuh. Disarankan untuk marinasi daging sebelum dibakar dan hindari membakar terlalu lama, khususnya lebih dari 300˚C. 
  3. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh sebanyak 80%, gizi sebanyak 37% dan rendah karbohidrat sebanyak 23%. Jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan serangan jantung dan stroke. 
  4. Makanan gorengan memiliki kandungan lemak jahat sehingga akan memengaruhi kesehatan tubuh dan menimbulkan obesitas serta serangan jantung. 
  5. Makanan mentah memang terasa enak di lidah, namun ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan (setiap hari) dapat membahayakan kesehatan tubuh. Makanan mentah cenderung memiliki kandungan bakteri jika tidak dibersihkan secara benar. Disarankan untuk membatasi konsumsi makanan mentah.


Intinya, semua makanan yang masuk ke dalam tubuh baik untuk kesehatan tubuh apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan atau setiap hari. Konsumsi secara bijak dan tentunya tetap perhatikan kandungan dalam makanan setiap harinya. (lasd)


Share
Copy Link