Makanan Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Hidup Sehat

Wednesday, 02 September 2020

Kolesterol tinggi tidak hanya menjadi masalah bagi orang tua saja, bahkan pada usia muda juga bisa menderita kolesterol. Mengatur pola makan sehat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.


Pada dasarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel sehat. Namun, jika terlampau tinggi kandungan lemak yang dikonsumsi, maka akan mengancam kesehatan tubuh. Kolesterol tinggi menyebabkan pembentukan plak sehingga menyumbat pembuluh darah dan memicu kesehatan tubuh (jantung dan stroke).


Beberapa makanan yang memicu naiknya kadar kolesterol diantaranya makanan cepat saji, gorengan, dan makanan berlemak lainnya. Makanan yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik bagi tubuh, khususnya kandungan lemak.


Batasan kebutuhan normal kolesterol tubuh per hari sekitar 300 mg, namun yang diperbolehkan sekitar 200 mg per hari. Berikut, makanan yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi:


1. Putih telur sebanyak dua sendok makan mengandung 3 gram protein, 2 gram mineral (kalium, natrium), 17 kalori, dan mengandung 0 mg kolesterol jahat (LDL). Total jumlah kolesterol pada sebutir telur hanya terdapat di dalam kuningnya saja sebesar 213 mg. 


2. Ikan mengandung banyak omega 3 sehingga membantu menurunkan kolesterol jahat (HDL) dan meningkatkan kolesterol baik (LDL) seperti salmon, kembung, herring, ikan air tawar (kakap putih, sarden air tawar, lele, nila, mujair). 


3. Alpukat dikonsumsi sebanyak satu butir ukuran sedang setiap hari selama 5 minggu akan mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL) sebesar 13,5 mg/dl. 


4. Daging tanpa lemak

  • Daging ayam (85 gram) mengandung 162 kalori, 6.3 gram lemak, dan 76 mg kolesterol
  • Daging sapi (85 gram) mengandung 179 kalori, 7.9 gram lemak, dan 73 mg kolesterol
  • Daging kambing (85 gram) mengandung 122 kalori, lemak 2.6 gram, dan 64 mg kolesterol


Penderita kolesterol tinggi harus tetap memperhatikan asupan makanan yang baik untuk tubuh dan jangan lupa untuk tetap rutin olahraga. Olahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Olahraga atau aktivitas fisik lainnya juga dapat menjaga kesehatan jantung, terhindar dari obesitas, dan pembuluh darah. (lasd)



Share
Copy Link