Kumquat, Si Manis dan Menyehatkan

Rempah

Friday, 07 August 2020

Kumquat berasal dari Asia, khususnya di bagian tenggara pegunungan China yang dipercaya memiliki nilai nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. 


Nama kumquat berasal Bahasa China yaitu gam gwat. Kumquat masuk dalam keluarga jeruk dengan rasa manis ini mengandung minyak atsiri, antioksidan, vitamin (B6, C), mineral, serat, asam organik, riboflavin, dan flavonoid. Beberapa manfaat kumquat bagi kesehatan tubuh:


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada kumquat sangat diperlukan tubuh dalam merangsang pertumbuhan sel baru sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi terjaga. Sel-sel baru yang ada di dalam tubuh ini akan bermanfaat untuk melindungi dari infeksi, bakteri, jamur, dan paparan radikal bebas (polusi udara, sinar matahari).


2. Mengendalikan Kolesterol

Kumquat mengandung serat tinggi sehingga baik untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).


3. Mengontrol Diabetes

Kumquat mengandung flavonoid yang dapat mengurangi kadar lemak darah di dalam tubuh. Selain itu, kumquat memiliki kandungan natrium rendah serta antikolesterol sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.


4. Menambah Sel Darah Merah

Kumquat diperuntukkan dalam meningkatkan produksi sel darah merah karena adanya kandung zat besi. Sel darah merah bermanfaat bagi tubuh untuk mengalirkan dan memastikan oksigen menyebar ke seluruh tubuh.


5. Melancarkan Pencernaan

Kumquat mengandung serat baik yang dapar mengatur proses pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit, kelebihan gas, kembung, kram, dan radang usus.


6. Menyehatkan Tulang

Rutin konsumsi kumquat dapat melindungi tulang dan meregenerasi sel yang sudah rapuh sehingga tulang terasa lebih kuat.


7. Mencegah Kanker

Kandung flavonoid yang dimiliki kumquat memiliki manfaat dalam menyingkirkan karsinogen sehingga mmapu melawan pertumbuhan tumor dan sel kanker. Rutin konsumsi kumquat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel-sel penyebab kanker dan mikroba jahat.


Kumquat bahwasanya dijadikan sebagai bahan tambahan masakan (sup) sebanyak 1 buah. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah kumquat sesuai dengan kebutuhan. (lasd)


Share
Copy Link