Keunggulan Daun Jati China

Rempah

Tuesday, 24 December 2019

Daun Senna / Daun Jati China merupakan tanaman herbal yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam membersihkan usus. 

 

Masalah pencernaan merupakan kondisi yang sering dialami oleh manusia. Kandungan senna seperti glikosida, sennosida, dan hidroksian thrasen dapat bermanfaat untuk kelancaran pencernaan. Secara fisik, daun jati china atau senna memiliki tekstur panjang dengan tepi daun yang datar berwarna hijau keabuan. Pada umumnya, daun senna akan dikeringkan dan dikemas dalam bentuk serbuk teh. Berikut, beberapa penjelasan manfaat daun senna bagi tubuh:


1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan usus dan lambung memang penting untuk dijaga agar fungsi organ dalam bekerja secar normal. Jika usus kotor, maka pencernaan menjadi tidak sehat sehingga akan mempengaruhi kondisi tubuh. Tanda usus kotor itu seperti badan menjadi lemas,pencernaan (buang air menjadi tidak lancar), dan metabolisme tubuh menurun.

2. Meredakan gejala ambeien

Ambeien dapat menimbulkan rasa sakit saa BAB karena adanya penyumbatan di anus sehingga terjadi peradangan. Knadungan senyawa anti peradangan pada senna dapat bermanfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi (gejala ambeien).

3. Melancarkan BAB

Daun senna dipercaya dapat mengatasi konstipasi atau sembelit dalam jangka pendek. Zat aktif pada daun senna dapat membuat dinding usus berkontraksi sehingga pencernaan menjadi lancar. Selain itu, senna dapat menghilangkan rasa panas dari usus sehingga membantu membuang sisa makanan yang menumpuk di organ pencernaan.

4. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dapat mengganggu kesehatan tubuh yang disebabkan karena kelebihan berat badan serta menumpuknya lemak jahat. Konsumsi daun jati cina dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

5. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi mampu membuat perut menjadi lebih kenyang dan menekan rasa lapar. Selain itu, senna membantu tubuh dalam meluruhkan lemak jahat penyebab dari naiknya berat badan.

 

Manfaat daun senna memang baik untuk kesehatan lambung dan usus. Namun perlu diperhatikan bahwa daun senna tidak diperuntukkan untuk beberapa golongan diantaranya:


1. Ibu hamil dan menyusui

Kandungan senna sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi dalam jangka panjang karena dapat membahayakan usus dan timbulnya efek samping dari obat laksatif.

2. Penderita diare dan dehidrasi

Daun senna mengandung dan bersifat laksatif akan membuat kondisi diare dan dehidrasi semakin parah.

3. Penderita gangguan elektrolit

Tubuh yang kekurangan kalium (elektrolit) tidak diperbolehkan mengonsumsi daun senna karena hanya akan memperparah kondisi kesehatan.

 

Cara mengonsumsinya dengan seduh 1-2 sendok teh Daun Jati China (senna) ke dalam cangkir dan diamkan selama 2-3 menit atau air berubah warna menjadi coklat. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah daun senna sesuai dengan kebutuhan. (lasd)


Share
Copy Link