Kerontokan Rambut Bahaya Tidak ya?

Hidup Sehat

Tuesday, 04 February 2020

Memiliki rambut lebat, sehat dan kuat merupakan impian banyak manusia. Pada umumnya rambut rontok atau alopecia sering terjadi dengan alasan normal. Namun, apakah permasalahan kerontokan rambut bisa diatasi? 


Menurut American Academy of Dermatology mengatakan manusia dapat mengalami kerontokan antara 50 hingga 100 helai rambut sehari. Kerontokan rambut bisa bersifat sementara dan akan tumbuh kembali. Namun, perlu diketahui bahwa kerontokan rambut bisa terjadi karena berbagai macam faktor seperti penurunan berat badan, baru melahirkan, menjalani operasi, pulih dari penyakit, dan mengalami stres.


Rambut rontok yang melebihi batas wajar dapat berujung pada kebotakan dan dapat dihindari dengan melakukan penanganan dari dalam dan luar, seperti memperhatikan pola makan, control tingkat emosional, dan gaya hidup. Mengatasi kerontokan rambut yang berlebihan bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami :

1. Lidah buaya

Mampu memicu pertumbuhan rambut serta menyeimbangkan pH rambut dan kulit kepala. Cara pemakaiannya diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air dan lakukan selama dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.


2. Neem atau daun mimba

Memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu mengurangi rambut rontok dengan meningkatakan aliran darah ke kulit. Tidak hanya itu, dapat membantu membunuh bakteri dan kutu yang ada di rambut.

 

Caranya dengan merebus daun nimba sampai adanya perubahan warna air, lalu biarkan dingin dan digunakan untuk mencuci rambut selama seminggu sekali. Neem atau nimba bermanfaat membuka proi-pori yang tertutup di kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.


3. Teh Hijau

Cara penggunaannya dengan merebus tiga kantong teh hijau, lalu gunakanlah untuk membilas rambut setiap dua kali seminggu. Bermanfaat untuk mengendalikan rambut rontok, melindungi kulit kepala dan rambut dari sinar matahari, mencegah pecahnya rambut, dan membuat rambut lebih bersinar.

 

4. Kentang

Dapat mengatasi rambut rontok akibat kekurangan kalium. Caranya dengan haluskan kentang dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan shampo. Proses perawatan ini dapat dilakukan seminggu sekali secara rutin.

 

5. Yoghurt dan minyak essensial kelapa

Dapat memberikan nutrisi agar tetap sehat sehingga terhindar dari kerontokan rambut. Caranya bisa menggunakan minyak essensial kelapa yang dipijat di kulit kepala. Sedangkan untuk yoghurt bisa dicampurkan dengan minyak kelapa, dan madu. Lakukan secara rutin selama seminggu sekali atau setiap ingin keramas.

 

Permasalahan rambut rontok tidak akan selesai apabila hanya dilakukan dari luar saja. Makanan bergizi yang kaya akan nutrisi juga sangat berpengaruh untuk mencegah rambut rontok. Berikut makanan yang dapat menyehatkan dan mencegah rambut rontok:


1. Telur dan produk susu

Sangat bagus untuk pertumbuhan rambut agar semakin tebal, karena mengandung protein, vitamin B12, zat besi, dan asam lemak omega 6.


2. Daging ayam

Mengandung banyak protein dan juga asam amino sulfur yang baik untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, bisa konsumsi tahu dan kacang untuk meningkatkan kesehatan rambut.


3. Wortel

Selain baik untuk mata, wortel berkhasiat untuk rambut. Wortel mengandung banyak vitamin A yang dapat dijadikan sebagai kondisioner alami untuk mencegahnya rambut putus dan rontok.


4. Bayam

Kerontokan rambut terjadi karena kurangnya kandungan zat besi sehingga mengonsumsi bayam memenuhi kebutuhan akan zat besi, vitamin A, C dan protein. Selain itu, bayam mengandung sebum yang berfungsi sebagai conditioner alami untuk rambut karena mengandung asam omega, magnesium, potassium, kalsium yang menjaga kulit kepala dan rambut menjadi berkilau. (juanleonardoliaw/litaarny)


Share
Copy Link