Kebaikan Sinar Matahari Pagi

Hidup Sehat

Thursday, 16 April 2020

Sinar matahari mengandung vitamin D dan menjadi salah satu sumber kehidupan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut ahli kesehatan, sinar matahari yang baik pada pukul 8 – 10 pagi, karena memiliki tingkat radiasi UVB paling tinggi. Manfaat lain yang diperoleh dari sinar matahari bagi tubuh, diantaranya yaitu:


1. Mengurangi gula darah

Sinar matahari adalah sumber insulin alami yang memberikan kemudahan dalam melakukan penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh. Kondisi ini memengaruhi dan mengubah gula darah menjadi glycogen yang kemudian disimpan di hati dan otot, sehingga mengalami penurunan kadar gula darah.


2. Membentuk dan memperbaiki tulang

Kandungan vitamin D pada sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga baik diperuntukkan untuk pembentukan dan perbaikan tulang serta mencegah terjadinya rakhitis dan osteomalacia.


3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kulit yang terkena sinar matahari pagi mengalami penambahan sel darah putih, terutama limfosit yang diperuntukkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini sangat bermanfaat untuk menangkal dan mencegah masuknya virus, penyakit serta bakteri yang berasal dari paparan radikal bebas. Menurut penelitian, berjemur selama 10 menit di bawah sinar matahari pagi selama 2 kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko terkena flu hingga 30-40%. Kondisi ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran pernapasan sehingga terhindar dari infeksi TBC, asma dan pneumonia.

 

4. Menurunkan tekanan darah

Kulit yang terkena sinar ultraviolet (UV) akan melepaskan senhyawa, oksida nitrat sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

 

Sinar matahari tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh orang dewasa, tapi bisa juga bayi atau anak kecil. Hal yang harus diperhatikan ketika menjemur bayi yaitu:

  • Waktu terbaik di bawah pukul 10.00 dan diatas pukul 16.00 dengan durasi 10-15 menit per hari.
  • Dilarang melepaskan seluruh pakaian bayi saat menjemur
  • Tempat terbaik untuk menjemur adalah langsung terkena sinar matahari
  • Pakai pelindung kepala, waja dan mata agar tidak terkena langsung sinar matahari
  • Bayi berusia 0-6 bulan tidak dianjurkan memakai tabir surya. Namun, jika sudah berusia > 6 bulan boleh memakai tabir surya (SPF 15) dan bisa dioleskan ke bayi 15-20 menit sebelum ke luar

Terapkan kebiasaan baik untuk berjemur di bawah matahari saat di pagi hari agar kesehatan tubuh tetap terasa bugar dan sehat. (litaarny)


Share
Copy Link