Ginseng “Jamu Herbal”

Rempah

Sunday, 07 February 2021

Ginseng dikenal sebagai obat tradisional oleh masyarakat China dan Korea. Ginseng merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh serta dapat mengatasi banyak penyakit. 


Selama ini ginseng hanya dikenal sebagai penambah stamina kesehatan tubuh. Namun, ternyata ginseng memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya pengobatan di China yang menerapkan ginseng sebagai bahan dasarnya, namun di Indonesia juga banyak memanfaatkannya sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh. Manfaat apa saja yang dapat diberikan ginseng untuk kesehatan tubuh, diantaranya: 


1. Mengurangi stres 

Ginseng dapat merangsang dan meningkatkan energi metabolisme tubuh. Senyawa adaptogen dalam ginseng memiliki peran menurunkan kadar hormon stres dengan cara memengaruhi sistem saraf tubuh agar lebih rileks. Tidak hanya itu, ginseng juga diperuntukkan untuk meningkatkan kesehatan mental dari ringan sampai kronis. 


2. Mengontrol diabetes

Ginseng membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh sehingga lonjakan darah dapat tetap stabil. Kandungan gula pada ginseng dapat menetralisir kadar gula tidak sehat menjadi stabil. Konsumsi 2 jam sebelum makan sebanyak 3 gram ginseng, dapat mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, ginseng juga dapat mencegah komplikasi diabetes seperti kerusakan mata dan jantung. 


3. Mencegah kanker

Ginseng mengandung antioksidan, antitumor sehingga dapat mencegah perkembangan sel kanker dan melawan radikal bebas. Selain itu, ginseng dapat menurunkan penyebaran kanker kolorektal dan kanker usus besar. 


4. Mengontrol tekanan darah

Ginseng dipercaya sebagai pengobatan alami dalam menetralisir tekanan darah menjadi normal. Caranya dengan konsumsi ginseng tidak lebih dari segelas dalam sehari. 


5. Menjaga kesehatan kulit

Ginseng mampu menyeimbangkan kesehatan kulit agar tetap terjaga kelembapannya. Selain itu, ginseng dapat mengaktifkan sistem metabolisme kulit, melindungi dari radikal bebas (paparan sinar matahari dan polusi), meningkatkan produksi kolagen kulit, dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan kulit (keriput, noda hitam, kusam, kantung mata). 


6. Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada ginseng dapat menangkal berbagai macam penyakit sehingga sistem kekebalan tubuh dan stamina menjadi meningkat.


7. Meningkatkan sel darah merah 

Ginseng mengandung zat besi yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah terkena anemia.


Dosis aman yang disarankan dalam mengonsumsi ginseng yaitu 100-300 miligram dengan penggunaan paling lama sekitar 2 sampai 6 bulan penggunaan. Namun, perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah ginseng sesuai dengan kebutuhan. (litaarny)



Share
Copy Link