Cemilan Sehat Untuk Balita

Anak-anak

Monday, 20 April 2020

Camilan sangat baik untuk balita dengan tujuan membangkitkan nafsu makan. Namun, perlu diperhatikan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam camilan. Camilan akan bermanfaat bagi tubuh balita asal ada kandungan gizinya.


Camilan memang baik dilakukan disela-sela waktu makanan pokok balita, tapi perlu diperhatikan akan bahan yang terkandung. Produk camilan siap saji untuk balita harus diperhatikan bahan pengawet dan pemanis buatannya. Pemilihan camilan yang tepat untuk balita bisa membantu perkembangan otak dan motorik serta pemenuhan di masa pertumbuhan.


Bagi anak berusia di bawah 1 tahun, konsumsi makanan masih harus sangat dijaga, khususnya camilan karena sistem pencernaan dan pengecap anak belum sempurna. Baiknya, pemilihan camilan untuk balita dapat mengolahnya sendiri agar terjamin kualitas, gizi dan kebersihannya. Berikut camilan sehat buatan sendiri yang bagus untuk balita:


1. Roti gulung

Dapat disajikan dengan irisan sayuran dan protein (ayam, ikan) untuk menambah daya tarik anak. Dalam penyajian bisa ditambahkan dengan yoghurt, saus atau coklat cair. Roti gulung bisa berupa roti gandum, tawar, pandan dan variasi jenis roti lainnya. 


2. Ubi manis atau kentang

Mengandung vitamin A, B6, dan folat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Bisa berikan variasi dengan tambahan keju lumer dan potongan brokoli diatasnya. Cara ini agar anak menikmati dan merangsang nafsu makan.


3. Buah-buahan

Bisa disajikan dalam bentuk potongan buah kecil atau jus tanpa gula tambahan. Buah baik sebagai sumber vitamin dan gizi yang baik untuk tumbuh kembang balita. Setiap harinya berikan variasi buah dengan rasa yang berbeda-beda, dengan begitu anak akan tertarik memakannya.


4. Sayuran yang dimasak

Pilihlah sayuran yang tidak menimbulkan rasa pahit di lidah, karena akan menyebabkan anak tidak mau mengonsumsi sayuran. Hindari kacang polong, sawi, dan kandungan sayuran pahit lainnya.


Selektif dalam memilih camilan tidak hanya pada saat proses pembuatan saja, tapi juga saat membeli kemasan camilan bagi anak. Camilan sehat bisa juga diperoleh di berbagai supermarket atau e-commerce asalkan adanya kandungan gizi untuk balita, tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Berikut camilan rekomendasi untuk balita:


1. Toddler Mum-Mum

Terbuat dari bahan organik seperti beras, gandum, kacang-kacangan, dan telur. Biskuit kaya akan protein dan tidak mengandung bahan pengawet, lemak dan pewarna buatan. Terdapat beberapa varian rasa kiwi, manga, stroberi, dan sweet potato & Pomeranate. 


2. Biskuit bayi (SUN dan Promina)

Biskuit SUN yang mengandung gluten sedikit dibandingkan lainnya sehingga baik untuk anak berkebutuhan khusus atau autism. Selain itu, kedua biskuit bayi atau balita ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan protein yang baik dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. Varian rasa yang beragam seperti pisang, jeruk, susu, dan madu membuat anak mudah terangsang untuk memakannya.


3. Yummy bites 123

Terbuat dari beras premium organik Japonica yang memiliki kandungan vitamin A, K, E dan protein yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak. Produk bebas dari bahan pengawet dan aditif buatan sangat aman dikonsumsi sebagai camilan setiap harinya.

 

Camilan baiknya konsumsi dua sampai tiga kali sehari, antara makan pagi, makan siang, dan makan malam. Namun usahakan tidak memberikan camilan di waktu yang terlalu dekat karena bisa berakibat perut terasa kenyang berlebihan. Utamakan memberikan makan pokok dibandingkan camilan. (juanleonardoliaw/litaarny)


Share
Copy Link