Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan

Hidup Sehat

Friday, 16 October 2020

Berolahraga dapat membantu membakar kalori tubuh, sehingga akan memaksimalkan dalam penurunan berat badan ideal. Salah satu olahraga yang digemari yaitu renang. 


Olahraga renang banyak digemari karena tidak terasa selayaknya seperti berolahraga seperti kepanasan, berkeringat, dan lelah. Berenang selama 60 menit (4-6 hari/minggu) dapat membakar sekitar 500-700 kalori untuk menghasilkan energi. 


Berenang bisa menurunkan berat badan karena seluruh tubuh bergerak termasuk otot (bawah, atas, inti, dan punggung). Selain itu, berenang dapat membuat organ jantung dan paru-paru bekerja lebih berat sehingga mampu menyediakan oksigen untuk tubuh. Tidak hanya itu, risiko yang dialami saat berenang sangat rendah dibandingkan dengan olahraga lainnya seperti lari, bersepeda. 


Bagi yang tidak suka berkeringat saat olahraga, maka berenang adalah pilihan yang tepat. Namun bukan berarti berenang langsung dapat menurunkan berat badan karena ada beberapa faktor yang harus dilakukan. 


1. Gaya Renang

Gaya kupu-kupu cocok untuk menurunkan berat badan sebab dapat membakar kalori sebanyak 150 kalori dengan berat 72,5 kilogram (dewasa). Sedangkan, untuk gaya bebas dan punggung, pembakaran kalorinya setara dengan jalan cepat atau jogging. 


2. Intensitas

Intensitas berenang meliputi jarak, kecepatan, durasi. Berenang dengan teknik benar dan pergerakan yang cepat akan membantu tubuh mengalami pembakaran kalori. 


3. Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan bermanfaat untuk mencegah kram pada otot tubuh. Pendinginan bermanfaat untuk merilekskan kembali otot tubuh yang sudah bekerja keras selama berenang. 


4. Batasi Porsi Makan Setelah Berenang

Sangat wajar, setelah berenang perut terasa lapar. Namun, sebaiknya hindari konsumsi makanan dalam porsi besar, karena akan membuat olahraga menjadi sia-sia. Makanan yang baik dikonsumsi setelah berenang seperti sayur, buah, oatmeal dalam porsi secukupnya.


Perlu diingatkan bahwa untuk mendapatkan berat badan ideal memerlukan proses dan tidak instan. Program penurunan berat badan harus ditunjang dari berbagai sisi, baik olahraga, makanan, dan gaya hidup sehat agar hasilnya memuaskan. (lasd)



Share
Copy Link