Aturan Waktu Berolahraga

Hidup Sehat

Thursday, 02 January 2020

Mengatur pola makan sehat dan seimbang memang penting dilakukan dalam menjalankan program diet. Namun, ternyata olahraga juga sangat disarankan untuk menjadi kegiatan wajib dalam membantu turunkan berat badan.


Olahraga bisa dilakukan kapan saja, dimana saja untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya dalam menurunkan berat badan secara ideal. Olahraga membuat tubuh bekerja lebih keras sehingga secara alami akan memproduksi hormon stres (kortisol). Tubuh yang terkena kortisol dalam durasi panjang, tidak bisa membakar lemak karena terlalu sibuk menyeimbangkan sistem saraf yang bekerja keras. Kondisi olahraga yang terlalu giat akan membuat timbangan tidak mengalami penurunan.

 

Penurunan berat badan atau melakukan diet diperlukan aturan agar dapat berjalan dengan lancar. Sama juga halnya dengan olahraga yang diperlukan aturan supaya berat badan bisa turun dengan sukses agar tidak terbuang sia-sia. Berikut aturan olahraga yang benar untuk memaksimalkan penurunan berat badan: 


1. Bangun rutinitas olahraga

Jalankan rutinitas olahraga secara konsisten dan fokus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Atur durasi olahraga maksimal enam hari dalam seminggu selama 30-60 menit untuk setiap sesinya. Pastikan juga untuk menyelipkan waktu sekitar 5-10 menit untuk melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga.

 

2. Variasi olahraga

Merasa cepat bosan dalam melakukan satu jenis latihan merupakan kondisi yang wajar. Buatlah variasi olahraga setiap harinya akan lebih efektif untuk dilakukan agar tidak cepat bosan. Secara umum, program turun berat badan akan lebih efektif bila jenis latihan bergantian antara kardio dan latihan beban. Olahraga kardio seperti Zumba, berenang, TRX, Muay Thai atau crossfit.

 

3. Perhatikan Interval Training

Interval training adalah latihan fisik dengan intensitas tinggi yang diselingi dengan periode istirahat. Setiap melakukan sesi latihan harus diselingi istirahat 30 detik dan dilanjutkan kembali sesi latihannya dengan menaikkan intensitas dan durasi.

 

Selain itu, mengatur waktu untuk melakukan olahraga juga sangat penting dalam memaksimalkan penurunan berat badan, antara lain:


1. Olahraga pagi

Usahakan melakukan lari pagi atau jogging selama 10 menit dnegan keadaan perut kosong. Kondisi tersebut merupakan langkah terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan sehingga cepat dalam menurunkan berat badan menjadi ideal. Waktu pagi hari yang baik pada pukul 07.00 dapat membuat tubuh menjadi bugar sehingga pada malam harinya menjadi tidak mudah lelah dan dapat menurunkan kadar stres.

 

2. Olahraga sore

Waktu sore hari sangat baik dilakukan olahraga untuk menyehatkan kondisi paru-paru. Olahraga sore paling baik dilakukan pada pukul 13.00 – 16.00 dengan manfaatnya akan membuat badan menjadi lebih bugar, bersemangat, dan mudah untuk fokus kembali.

 

Bisa juga olahraga sore ini dilakukan saat waktu istirahat kantor (pukul 13.00) dengan tujuan untuk mengurangi tingkat stress karena beban kerjaan. Selain itu, bisa juga untuk dapat meningkatkan fokus, manajemen waktu dan produktivitas kerja. Lakukan olahraga selama 5-10 menit di sekitar gedung kantor atau bisa pergi ke gym kalau tidak memiliki cukup waktu.

 

3. Olahraga malam

Olahraga paling nyaman setelah selesai bekerja. Adanya kepercayaan mengenai olahraga di malam hari akan membuat tubuh semakin lelah dan sulit tidur, itu tidak benar. Olahraga di malam hari, khususnya pada pukul 19.00 – 22.00 justru akan membuat badan menjadi ringan dan lebih optimal untuk beristirahat.

 

Saat tubuh merasakan lelah setelah selesai bekerja atau beraktivitas, justru harus dilakukannya olahraga. Tujuannnya selain membakar lemak, bisa juga dijadikan sebagai peningkat kualitas tidur secara maksimal. Lakukan olahraga selama 20 menit dengan kardio ringan.

 

Olahraga dapat dilakukan baik dalam keadaan sehat maupun sedang sakit seperti gejala flu ringan. Pada saat flu ringan sebaiknya lakukan olahraga dengan tujuan untuk membugarkan tubuh dan menghentikan sakit flu ringan menjadi parah. Namun, pada saat mengalami flu ringan, perlu diperhatikan bahwa lakukan saja olahraga ringan dengan durasi paling lama 20 menit. (lasd)


Share
Copy Link