Apa itu Jiaogulan?

Rempah

Thursday, 08 October 2020

Jiaogulan (Gynostemma Pentaphyllum) adalah tumbuhan yang berasal dari pegunungan tinggi di Cina Selatan dan dipercaya sebagai ramuan herbal atau dikenal dengan “Ramuan Keabadian” bagi kesehatan tubuh. 


Jiaogulan sering dijadikan sebagai teh herbal yang mengandung 80% saponin, antioksidan alami, sumber vitamin, dan mineral. Manfaat secara umum dari teh jiaogulan bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, sembelit, dan meredakan kecemasan. Namun, ternyata ada manfaat lainnya yang terkandung dari jiaogulan dan baik untuk menunjang kesehatan tubuh, diantaranya: 


Mengurangi Lemak Darah

Cara jiaogulan mengurangi lemak darah dengan cara meningkatkan terlebih dahulu metabolisme lemak sehingga asam lemak dalam tubuh akan mudah dipecah dan dicerna. Setelah itu, menekan kerusakan lipid sehingga mengurangi penimbunan lemak di pembuluh darah. 


Mengatasi masalah pernapasan

Adanya penumpukan lendir di saluran pernapasan akan membuat sulitnya bernapas sehingga timbul masalah seperti batuk, asma, dan bronkitis. Masalah pernapasan bisa terjadi dari beberapa hal, seperti debu, bulu binatang, polusi, asap rokok, dan cuaca (panas atau dingin). 


Memperlambat Proses Penuaan

Jiaogulan memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan cara menetralisir paparan radikal bebas (sinar matahari, polusi). Paparan radikal bebas dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti mudahnya kelelahan, kekurangan energi, menurunnya daya ingat dan keseimbangan tubuh.


Mencegah Kanker

Kandungan gypenosides berperan sebagai antikanker sehingga mencegah penyebaran kanker sampai membunuh sel kanker secara langsung atau apoptosis. Cara jiaogulan melawan kanker seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan tumor dengan mengurangi ukurannya. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan meminimalisir terjadinya pembentukan tumor hingga sel kanker. 


Mengendalikan Diabetes

Kandungan senyawa ginsenoside dan gypenoside dapat membantu mengurangi penyerapan karbohidrat dari makanan sehingga mampu mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, jiaogulan dapat melindungi pankreas dan menjaga reseptor insulin sehingga mencegah terjadinya resistensi insulin dalam tubuh. 


Cara mengonsumsinya dengan seduh 1-2 sendok teh jiaogulan ke dalam cangkir dan diamkan selama 2-3 menit atau air berubah warna. Manfaat dari teh jiaogulan bisa memberikan dampak positif bagi tubuh jika tidak ditambahkan gula. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah teh jiaogulan sesuai dengan kebutuhan. (lasd)



Share
Copy Link