Apa itu Globe Amaranth?

Rempah

Monday, 13 January 2020

Globe amaranth merupakan teh herbal yang tidak mengandung kafein, melainkan vitamin, mineral, dan antioksidan. Bentuk unik dan warna cerah pada globe amaranth membuat penikmatnya menyukai sehingga dikenal dengan sebutan “blooming tea”.

 

Globe amaranth merupakan tanaman asli Panama, Guatemala, dan Brazil yang sudah dibudidayakan di seluruh dunia. Di Indonesia, globe amaranth dikenal dengan bunga kenop yang digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh. Bunga yang memiliki percampuran warna pink, ungu, dan merah ini mengandung vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh.  Kandungan pada globe amaranth diantaranya seperti flavon, minyak atsiri, dan amaranthin. Beberapa manfaat globe amaranth untuk kesehatan tubuh :


1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi berada pada angka 130/80 mmHg atau lebih. Cara kerja globe amaranth yaitu menurunkan tekanan darah tinggi dengan tidak mengubah denyut pada jantung.


2. Mencegah penuaan dini

Globe amaranth memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan pertahanan alami kulit terhadap lingkungan sekitar (radikal bebas) seperti polusi udara, sinar matahari, dan pencemaran air.


3. Melawan kanker

Kandungan betacyanin pada globe amaranth bermanfaat untuk memberikan perlindungan sistem saraf dan mencegah munculnya sel kanker di dalam tubuh.


4. Detoksifikasi racun

Globe amaranth bagus digunakan sebagai ramuan detoksifikasi dalam membersihkan tubuh dari racun (toksin). Selain itu, globe amaranth juga memiliki kemampuan untuk mengobati batu empedu dan infeksi saluran kemih.


5. Memperbaiki Pernafasan

Globe amaranth mengandung flavon yang berguna untuk mencegah timbulnya permasalahan pernafasan seperti bronkitis, pilek, flu, asma, dan beragam infeksi dalam tubuh. Selain itu, rutin konsumsi globe amaranth memiliki dampak saluran pernafasan menjadi tenang.


Cara mengonsumsinya dengam ambil rempah globe amaranth sebanyak 5-8 bunga diseduh atau direbus (150 - 200 ml). Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik. Jadi, konsumsilah globe amaranth sesuai dengan kebutuhan. (juanleonardoliaw/litaarny)


Share
Copy Link